Resep Sayur Sop

Resep Sayur Sop - Sayur sop ialah salah satunya type sajian yang demikian kaya type sayuran. Kaya warna, kaya perasaan, serta tentunya juga kaya gizi. Begitu cocok diberikan menjadi salah satunya sajian waktu berbuka puasa. Membuatnya juga tidak sangat susah. Dengan bumbu serta bahan simpel yang dapat diketemukan di pasar tradisionil ataupun supermarket paling dekat, membuat anda tidak miliki argumen lagi tidak untuk coba membuat resep sayur sop buat keluarga anda.

Tidak hanya kaya beberapa type sayuran, sayur sop makin sehat lagi untuk dikonsumsi sebab tidak memakai santan dalam resepnya. Dengan kuah bening, sayur sop akan begitu fresh disantap sesudah sepanjang hari berpuasa. Bila tidak mau menyantapnya dengan nasi putih, anda dapat memberikan kentang serta makaroni ke resep hingga keperluan akan karbohidrat akan tercukupi. Dengan menambahkan jumlahnya kentang serta makaroni, karena itu sop buatan anda bisa saja sajian sepinggan yang praktis. Akan tetapi bila akan menyantapnya dengan nasi, kentang serta makaroni tak perlu ditambahkan banyaknya. Bila kurang suka pada daging ayam broiler, anda dapat memakai daging ayam kampung atau tetelan daging sapi menjadi bahan pembuat kaldu.

Resep Sayur Sop



  • Waktu persiapan
  • 15 minit
  • Waktu memasak
  • 30 minit
  • Waktu total
  • 45 minit

Penulis: Titi
Macam resep: Main
Cuisine: Indonesia
Saran penyajian: 6

Bahan-bahan

    Bahan:
  1.     ½ ekor ayam broiler, potong jadi 10 bagian
  2.     1.5 liter air
  3.     100 gr wortel, iris bulat tebal 1 cm
  4.     100 gr kentang, iris dadu 2 cm
  5.     150 gr kembang kol, iris per kuntum
  6.     100 gr daun kol, iris ukuran 3x3 cm
  7.     3 batang daun bawang, iris 2 cm
  8.     3 batang daun seledri, ikat simpul
  9.     100 gr makaroni, rendam air panas
  10.     Bumbu halus:
  11.     3 butir bawang merah
  12.     3 siung bawang putih
  13.     1 sdm merica butir
  14.     2 sdt garam
  15.     ½ sdt gula pasir
  16.     1 sachet bumbu kaldu ayam

Cara membuat

  • Rebus ayam hingga matang, angkat. Saring air rebusan ayam. Tambahkan 500 ml air dan didihkan kembali.
  • Sementara itu, tumis bumbu halus hingga harum. Pindahkan tumisan bumbu ke dalam panci kaldu.
  • Masukkan kentang, wortel dan daun seledri, masak hingga setengah matang.
  • Masukkan kembang kol, daun kol, ayam rebus, masak hingga semua sayuran hampir matang. Lalu masukkan daun bawang dan makaroni. Biarkan sebentar hingga semua bahan matang. Angkat, sajikan hangat. 
Anak-anak umumnya seringkali menampik untuk makan sayur. Supaya lebih menarik, anda dapat memotong sayuran yang dipakai dalam resep sayur sop ini jadi bentuk yang unik. Contohnya, wortel dibikin jadi bentuk bunga. Kentang dipotong memakai cetakan kue bermacam bentuk. Ganti makaroni dengan fusili, farfalle (pasta berupa kupu-kupu), conchiglie (pasta berupa kerang). Tentunya aksi ini akan meningkatkan waktu persiapan anda dalam mempersiapkan sajian, akan tetapi akhirnya akan sepadan dengan lahapnya putra-putri anda memakan sayur. Selamat berkreasi dengan resep sop kami, mudah-mudahan anda menyenanginya.
Resep Sayur Sop | 5